Menu
The Best Content Marketing Service

Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor (2FA) di YouTube

  • Bagikan

 Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor (2FA) di YouTubeYouTube adalah platform berbagi video online terbesar di planet ini. Siapa pun yang memiliki akun Google dapat mengunjungi youtube.com dan mulai menonton jutaan video yang dibuat setiap hari. Menariknya, siapa pun bahkan bisa menjadi kreator di YouTube, tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Kemudahan penggunaan dan akses mulus ke ekosistem YouTube mendatangkan ribuan pengguna baru setiap bulan, yang menjadikannya sarang bagi penyerang.

Google telah mencatat situasi dan potensi kerentanan yang terkait dengan peningkatan skala raksasa. Jadi, ini mendorong pengguna untuk beralih ke Otentikasi Dua Faktor, yang merupakan standar industri untuk perlindungan terhadap ancaman dan penggunaan yang tidak sah. Hari ini, kita akan melihat cara kerjanya, dan memberi tahu Anda cara mengaktifkan 2FA di YouTube.

Apakah 2FA wajib untuk kreator YouTube?

Pada saat penulisan, tidak wajib untuk mengaktifkan 2FA untuk menggunakan YouTube atau YouTube Creator Studio. Namun, Google telah mencatat bahwa 2FA akan menjadi wajib bagi pengguna YouTube Studio akhir tahun ini. Sesuai pengumuman Twitter , 2FA akan diwajibkan mulai 1 November.

Jadi, bagi Anda yang sudah mengonfigurasi 2FA untuk akun Google Anda, Anda tidak akan mengalami masalah apa pun dengan aturan baru tersebut. Mereka yang belum, diharuskan menyelesaikannya sesegera mungkin untuk terus menikmati kemampuan mengunggah video YouTube dan mengakses statistik streaming. 

Apakah Anda memerlukan 2FA saat menonton video YouTube?

Tidak, sesuai pengumuman, Anda tidak perlu Otentikasi Dua Faktor untuk menikmati menonton konten di YouTube. Namun, jika Anda seorang pembuat konten dan cenderung mengunggah video ke YouTube melalui rangkaian YouTube Studio, Anda harus mendapatkan 2FA untuk tetap menggunakan akun Anda.

Apa manfaat mengaktifkan 2FA di YouTube?

Otentikasi Dua Faktor memastikan bahwa bahkan jika pelaku mendapatkan kata sandi akun Anda, mereka gagal masuk dan merusak kerja keras Anda. Dengan 2FA, Anda mengatur mode otentikasi sekunder, yang bekerja secara bersamaan dengan kata sandi akun utama Anda.

Jadi, ketika Anda memasukkan kata sandi, Anda juga perlu mengakses media otentikasi sekunder dan memverifikasi bahwa memang Anda yang masuk. Dalam kasus masuk paksa atau peretasan, penyerang tidak mungkin memiliki yang kedua perangkat otentikasi dan akan gagal mengakses info sensitif di akun Anda. 

Mode otentikasi mana yang harus Anda pilih saat menyiapkan 2FA?

Google memberi Anda banyak opsi dalam memilih mode otentikasi yang tepat untuk akun Anda. Yang pertama dan paling jelas adalah petunjuk di layar. Google melempar perintah ke Android atau iOS tepercaya Anda ketika seseorang memasukkan kata sandi Google Anda. Anda harus memberi lampu hijau pada prompt untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Opsi selanjutnya adalah menggunakan Google Authenticator atau pembuat kode acak lainnya untuk dipasangkan dengan kata sandi profil standar Anda. Kemudian, Anda memiliki opsi untuk membeli kunci keamanan fisik, yang cukup aman dengan sendirinya. Terakhir, Anda juga dapat mencetak beberapa kode cadangan untuk disimpan atau bahkan memilih OTP melalui pesan teks.

Sekarang, melihat keamanan dan kenyamanan, sulit untuk mengalahkan permintaan di perangkat. Ini adalah yang paling mudah, karena hanya satu ketukan tombol yang akan menyelesaikan proses login. OTP melalui pesan teks juga cukup nyaman, tetapi ini adalah yang paling tidak aman. Jadi, saran kami adalah tetap menggunakan opsi default — petunjuk di layar — dan nikmati perpaduan antara kenyamanan dan keamanan. 

Cara mengaktifkan 2FA di YouTube Studio

Sebelum melanjutkan, penting untuk dipahami bahwa baik YouTube maupun YouTube Studio tidak dilengkapi dengan setelan Otentikasi Dua Faktor khusus. Namun, karena keduanya berada di bawah payung Google, Anda perlu mengonfigurasi 2FA untuk akun Google Anda secara keseluruhan. Jadi, di bagian ini, kita akan melihat cara mengonfigurasi program 2FA melalui situs/aplikasi YouTube Studio dari komputer atau perangkat seluler Anda. 

Di komputer

Luncurkan Google Chrome atau browser Anda yang lain dan buka studio.youtube.com . Ini akan membawa Anda ke halaman saluran Anda. Di sini, Anda akan dapat melihat jumlah total pelanggan, penghasilan, penayangan, dan lainnya. Sekarang, klik thumbnail gambar profil Anda di sudut kanan atas layar Anda.

Saat Anda mendapatkan menu pop-out, klik ‘Saluran Anda’.

Ini akan membawa Anda keluar dari YouTube Studio dan masuk ke saluran YouTube standar dengan tampilan yang lebih luas. Selanjutnya, klik lagi pada gambar mini profil-gambar di sudut kanan atas layar Anda.

Kali ini, buka ‘Kelola akun Google Anda’.

Di sebelah kiri layar Anda, klik tab ‘Keamanan’.

Di sinilah Anda akan menemukan pengaturan Otentikasi Dua Faktor atau Verifikasi 2 Langkah. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan ‘Verifikasi 2 Langkah’. Secara default, ini akan dimatikan untuk akun Anda. Klik untuk memulai proses Verifikasi 2 Langkah.

Klik tombol ‘Set It Up’ di sisi kanan bagian ‘Cara kerjanya’ untuk mulai mengonfigurasi 2FA.

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google Anda.

Halaman berikutnya akan menampilkan ponsel cerdas yang Anda miliki — dengan akun Google yang terhubung dengannya. Juga, pastikan Anda memiliki kunci layar di perangkat Anda. Sekarang, klik ‘Berikutnya.’

Di halaman berikutnya, Google akan memberi Anda gambaran tentang cara kerjanya. Klik ‘Berikutnya’ untuk memulai demo.

Setelah itu, notifikasi akan dikirim ke ponsel cerdas Anda.

Ketuk ‘Ya’ di ponsel Anda untuk memverifikasi login.

Setelah berhasil diselesaikan, Google akan memberi Anda opsi untuk mengaktifkan fitur tersebut. Klik tombol biru ‘Aktifkan’ untuk mengaktifkan 2FA untuk akun Google Anda.

Hanya itu saja! 2FA sekarang berhasil disiapkan untuk akun Anda, yang juga secara otomatis mengaktifkannya untuk YouTube Studio. Ingatlah untuk selalu menggunakan ponsel Anda saat Anda mencoba masuk ke akun YouTube di lain waktu. 

Di Seluler

Luncurkan aplikasi YT Studio di ponsel cerdas Anda dan ketuk thumbnail gambar profil Anda di sudut kanan atas layar Anda.

Sekarang, buka ‘Kelola akun Google Anda.’

Kemudian, telusuri pemilih tab dan buka tab ‘Keamanan’.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi ‘Verifikasi 2 Langkah’ di bawah spanduk ‘Masuk ke Google’.

Mengetuknya akan membuka pengaturan manajemen akun Google di browser default Anda. Selanjutnya, Anda harus menggulir ke bawah dan mengetuk spanduk ‘Memulai’.

Sebelum melanjutkan, Google akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi akun Anda. Klik ‘Next’ setelah meletakkannya.

Halaman berikutnya akan memberi tahu Anda apakah perangkat ada di daftar perangkat tepercaya Anda. Jika semuanya sudah selesai, klik tombol biru ‘Lanjutkan’.

Anda juga harus menambahkan opsi cadangan. Jika telepon Anda berubah atau Anda mengalami kecelakaan lain. Letakkan nomor telepon Anda, pilih opsi ‘Pesan teks’ dan klik ‘Kirim.’

Masukkan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda dan tekan ‘Berikutnya.’

Setelah diverifikasi, Anda akan mendapatkan opsi ‘Aktifkan’ di ponsel Anda.

Ketuk untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Kami telah berbicara panjang lebar tentang mengaktifkan 2FA untuk YouTube dan akun Google Anda secara keseluruhan. Sekarang, kita akan melihat beberapa pertanyaan membara yang dimiliki orang-orang tentang Otentikasi Dua Faktor di YouTube. 

Bagaimana cara mengaktifkan 2FA di YouTube?

Lihat bagian “Cara mengaktifkan 2FA di YouTube Studio” di atas untuk mempelajari semua tentang mengaktifkan 2FA untuk YouTube dan layanan Google lainnya. 

Apakah 2FA baik untuk Anda?

Ya, 2FA sangat baik dalam mencegah peretas dan harus diaktifkan oleh semua orang. Ini menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan memastikan bahwa pelaku tidak dapat mengakses akun Google Anda hanya dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Ini mungkin memperlambat Anda saat Anda menyiapkan komputer atau ponsel baru. Namun, dalam jangka panjang, ini adalah sistem yang sangat baik untuk diterapkan. 

Karena YouTube Studio adalah tempat semua data penayangan sensitif dan informasi pembayaran Anda berada, masuk akal untuk membuatnya seaman mungkin. Selain itu, seperti yang telah kita bahas di artikel kami, Google mewajibkan untuk mengaktifkan 2FA untuk semua pengguna YouTube Studio mulai 1 November. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat mengakses akun Studio Anda. 

Apakah YouTube memiliki opsi 2FA terpisah?

Tidak, seperti semua aplikasi Google lainnya, YouTube tidak memiliki sakelar 2FA terpisah. Anda perlu mengonfigurasi 2FA untuk keseluruhan akun Google Anda. Anda tidak dapat memilih beberapa layanan dan membuang sisanya. 

Apa yang terjadi jika Anda sudah mengaktifkan 2FA untuk akun Google Anda?

Jika Anda masuk ke satu akun Google, kredensial akun Anda secara otomatis diteruskan ke layanan Google lainnya. Jadi, Anda hanya perlu masuk sekali dan Anda siap menggunakan produk Google apa pun tanpa masuk lagi. Aturan ini berlaku untuk Otentikasi Dua Faktor atau Verifikasi Dua Langkah. Setelah Anda mengaktifkan 2FA untuk akun Google Anda, Anda tidak perlu memikirkannya lagi untuk layanan Google lainnya. Ini berarti Anda benar-benar aman dari pemeriksaan 2FA wajib yang akan diterapkan mulai tanggal 1 November.

Apa yang terjadi jika Anda tidak dapat menerima perintah 2FA?

Google meminta Anda untuk meletakkan mode pemulihan cadangan saat menyiapkan 2FA. Ini memastikan Anda tidak terkunci dari akun Anda jika Anda tidak dapat mengakses perintah verifikasi default di ponsel Anda. Verifikasi melalui pesan teks adalah cadangan default 2FA, tetapi juga dapat diubah menjadi kode cadangan, kunci keamanan, dan banyak lagi.

Bisakah Anda menggunakan iPhone Anda untuk YouTube 2FA?

Ya, Anda pasti dapat menggunakan iPhone Anda untuk mengatur 2FA. Pastikan iPhone Anda memiliki Gmail atau aplikasi Google di dalamnya, dan Anda telah masuk ke akun Google default Anda. Sisanya diurus secara otomatis. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

// open new tab in cookie delay 3 second and expired 7 day
adplus-dvertising