Menu
The Best Content Marketing Service

Artikel Sulit Diindex Google Apa Penyebabnya?

  • Bagikan

Untuk kamu yang baru terjun di dunia penulisan,  kesulitan paling dirasakan yaitu, kenapa artikelmu sulit masuk ke dalam mesin pencarian Google, padahal kamu sendiri menyiasatinya dengan menggunakan berbagai macam keyword atau kata kunci yang paling memungkinkan. Namun, kenapa masih belum muncul? Hal ini merupakan salah satu faktor artikel sulit diindex google.

10 Penyebab Artikel Sulit Diindex Google

Mungkin saja tulisan kamu terkena artkel sulit deindex Google. Loh memang bisa? Hal itu bisa saja terjadi, apabila artikel kamu ternyata memiliki beberapa faktor penyebabnya yang membuat artikel sulit diindex Google.


Apa saja faktor dan juga cara mengatasi artikel sulit di index Google? Berikut penjelasannya.

10 Hal yang Kamu Perlu Ketahui Penyebab Artikel Sulit Diindex Google dan Juga Solusinya

1. Artikel Terdeteksi Copy Paste

    Google sebagai mesin pencari yang utama di dunia internet, dapat dengan mudah mengetahui bahwa artikel kamu adalah artikrl yang menyalin atau menyadur tulisan dari karya orang lain atau bukan. Google pun dapat mudah mendetekasi apakah artikel mu atau website mu copy paste atau tidak. Jika kamu memang melakukan penyaduran dari tulisan orang lain, maka bersiaplah bahwa kamu akan kena artikel sulit deindex Google.

    – Solusi Artikel Terdeteksi Copy Paste

    Tentang kendala duplikasi materi tulisan, solusi yang dapat kamu lakukan adalah, buatlah konten yang seasli mungkin, tanpa menduplikasi materi tulisan orang lain. Hal tersebut dikarena melalukan copy paste terhadap konten orang lain, sama saja mencuri konten penulis lainnya.

    2. Isi Konten Masih Sedikit

    Jika kamu menulis materi artikel atau kontenmu sedikit, hal ini dapat memungkinkan bahwa artikel sulit diinndex Google. Pasanglah target minimal dalam cakupan minimal 500-1000 kata dalam setiap materi tulisanmu. Karena untuk saat ini Google adalah nomor satunya mesin pencari yang memberikan informasi yang tersolutif dan bermanfaat bagi pengguna internet.

    – Solusi Low Value Content

    Kamu dapat menambahkan kembali isi kontenmu agar dapat memberikan informasi yang lebih lengkap lagi dan juga isi kontenmu haruslah SEO friendly.

    3. Penggunaan Kata Kunci atau Keyword Tidak Cocok

      Bila dalam artikel mu kamu menggunakan praktik SEO cara lama ini, maka hal tersebut akan terdekteksi oleh mesin Google ini. Ditambah bila Google menemukan bahwa kata kunci yang kamu gunakan tidak sesuai dengan isi materi penulisan kamu, sehingga Google dapat menilai hal tersebut masih masuk dalam kategori wajar atau tidaknya dengan konten yang kamu buat.

      Bila ditemukan Google pada artikelmu, maka hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari artikel sulit diindex Google.

      – Solusi Salah Memilih Keyword

      Gunakanlah mesin LSI Keyword, hal ini akan membantu kamu agar mendapatkan kata kunci yang relevan dan tentunya agar dapatt saling terhubung dan juga semantic. Agar setiap kata kunci dari tulisan mu mudah masuk ke dalam mesin pencarian Google.

      4. Artikel Sulit Diindex Google Karena Spam

      Spam dalam hal ini ada macamnya, bila kamu membeli back link dan back link itu disebar luaskan. Selain itu, spam yang lain adalah spam komentar. Sebaiknya hindarilah melakukan hal tersebut bila tidak ingin artikel sulit diindex Google.  

      – Solusi Artikel Terdeksi Spam

      Buat materi penulisan yang semenarik mungkin serta bermanfaat bagi banyak orang, sehingga akan banyak orang yang merasa artikel mu bermanfaat, sehingga mereka akan berkenan untuk menulis ulang artikel mu, dan akan membuat backlink secara alami untuk artikelmu.

      Solusi lainnya untuk backlink yaitu kamu dapat membuat backlink antar blog, sehingga akan lebih alami untuk penyebaran backlinknya.

      5. Usia Blog Masih Baru

        Apabila kamu penulis dan blog kamu masih baru, maka sebaiknya kamu sabar dan tetap tekun dalam menulis. Hal tersebut karena Google pun membutuhkan waktu agar memastikan suatu artikel dalam blog tersebut memang bermanfaat ataupun orisinal.

        6. Artikel Belum Masuk ke Webmaster

        Sebelum artikel atau blog mu posting, jangan sampai lupa untuk memasukkan link ke webmaster, hal ini bertujuan agar membuat artikelmu mudah deindex oleh Google. Sebagai saran, lakukanlah hal ini secara manual, agar kamu tidak lupa untuk menginput link nya.

        7. Google melakukan update algoritma

          Terkait penyebab yang satu ini masih menjadi kontroversi, apabila Google memperbarui algoritmanya, hal ini hanya pihak Google yang mengetahuinya, karena hal ini merupakan kuasa dari Google.

          Bila ini sedang  terjadi, maka jangan kaget bila dapat menimpa website yang sudah lama ataupun yang masih baru, karena akan mengacaukan dari system yang sebelumnya, dan mengakibatkan semuanya artikel sulit diindex Google. Bahkan, karena perbaruan system algoritma Google, website mu bisa saja muncul pada pencariata paling awal atau bahkan tidak menutup kemungkinan mendadak akan muncil di pencarian paling bawah.

          – Solusi Blog Terkena Update Algoritma

          Ikuti dan juga lihat update dari website-website atau blog yang memberikan informasi terbaru tentang algoritma ini. Selalu baca dan juga mencari tahu segala sesatunya tentang kendala ini dan juga pembaruaan informasi mengenai SEO. Hal ini penting, supaya tulisan kamu tidak sia-sia di internet.

          8. Cloaking atau Misleading

          Bahasa singkatnya adalah kesalahan dalam pengarahan URL atu link dengan konten yang dicari di mesin pencarian. Misalnya saja kamu memiliki blog teknologi, namun saat orang klik link kamu, namun malah diarahkan ke sistus yang mengarah ke pornografi. Biasa terjadi jika ternyata website kamu di hack oknum yang tidak bertanggung jawab.

          – Solusi Cloaking/Misleading

          Jangan lupa melakukan pemindaian dari setiap halaman dari website kamu. Serta pasang pula suatu system keamanan WordPress, hal ini gunanya agar kamu tidak kena hack oleh oknum.

          9. Domain mililkmu ternyata kadaluwarsa

            Bila akun domain milikmu ternyata sudah tidak berlaku, maka jangan heran bahwa artikel sulit diindex Google atau malah akan terhapus dari mesin pencarian Google.

            – Solusi Mengatasi Domain Kadaluwarsa

            Catat dan jangan lupa kapan waktunya masa domainmu akan habis. Biasanya tim server atau jasa dari domain yang kamu buat akan melakukan semacam pengingat untuk kamu memperbarui domain tersebut. Gunanya untuk menghindari terhapus dari Google. Tidak mau kan domain mu terhapus?

            10. Pengaturan konfigurasimu yang salah

              Penyebab lainnya yaiti bahwa adanya salah kofigurasi pada pengaturannya. Sehingga membuat website mu tidak nampak atau muncul pada saat orang-orang menggunakan mesin pencari Google.

              – Solusi Konfigurasi Salah Pada Blog

              Selalu cek konfigurasi dari pengaturannya. Caranya bisa ikuti langkah ini, bukalah dashboarf WordPress, lalu klik menu “Setting” dan pilih “Reading”. Jangan lupa untuk memberikan tanda ceklist pada bagian paling bawah yang bertuliskan “Search Engine Visibility”. Dan klik “Save Changes”.

              Jika kamu lupa untuk cek konfigurasimu, bisa kemungkinan menjadi penyebab atikel mu sulit deindex Google.

              Dengan mengetahui penyebab kenapa artikel mu sulit deindex Google, maka kamu dapat dengan segera menghindari agar tidak melakukan hal tersebut. Jika pun sudah terlanjur, maka kamu harus segera melakukan solusi dari kendala tersebut. Selamat mencoba!

               

               

              • Bagikan

              Tinggalkan Balasan

              Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

              // open new tab in cookie delay 3 second and expired 7 day
              adplus-dvertising