Menu
The Best Content Marketing Service

Apa itu Google Smart Canvas? Biaya, Fitur, dan Penjelasan Lainnya

  • Bagikan

 Apa itu Google Smart Canvas? Biaya, Fitur, dan Penjelasan LainnyaGoogle memulai konferensi pengembang tahunan Google I/O kemarin dengan sejumlah pengumuman, yang sebagian besar berkisar pada kolaborasi di dalam Google Workspace. Di antara pengumuman yang dibuat adalah Smart Canvas yang menurut perusahaan Mountain View akan memudahkan organisasi, sekolah, dan bisnis untuk tetap terhubung dan fokus secara lebih efisien.

Tapi apa sebenarnya Smart Canvas itu dan bagaimana Anda mendapat manfaat darinya? Itulah yang kami di sini untuk menjelaskan dalam posting ini.

Apa itu Google Smart Canvas?

Smart Canvas pada dasarnya adalah serangkaian fitur yang akan tersedia di dalam Ruang Kerja Google yang akan mengubah pengalaman Anda saat bekerja dan berkolaborasi dengan orang lain. Dengan Smart Canvas, Google akan menghadirkan serangkaian fitur ke rangkaian produktivitas yang ada yang terdiri dari Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk pengalaman yang lebih kaya guna memudahkan organisasi untuk tetap terhubung dan mengubah ide menjadi kenyataan.

 Smart Canvas Google hadir dengan 12 fitur baru ke Google Workspace untuk mendorong dokumen ke upaya yang lebih kolaboratif. Dengan perubahan terbaru pada Workspace, Anda akan segera dapat terhubung dengan orang lain langsung dari Dokumen, Spreadsheet, dan Slide, melihat file dan rapat yang direkomendasikan, menetapkan tindakan daftar periksa, menggunakan template tabel, dokumen tanpa halaman, melihat Spreadsheet dalam tampilan garis waktu, menyajikan konten dari Workspace ke Meet secara langsung, mulai panggilan Meet langsung dari Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, dan lainnya. 

Di mana Anda dapat menggunakan Smart Canvas?

Fitur Smart Canvas harus diluncurkan ke semua platform tempat Google Workspace dapat diakses, artinya pengguna seluler dan desktop Dokumen, Spreadsheet, dan Slide harus dapat menggunakan fitur baru. Seperti yang Anda duga, semua fitur dirancang untuk digunakan di web tetapi sebagian besar dari mereka juga harus segera menuju aplikasi masing-masing di Android dan iOS. 

Apakah Smart Canvas gratis?

Tidak, sebagian besar. Smart Canvas gratis untuk pengguna Google Workspace tetapi yang terakhir adalah layanan berbasis langganan. Lihat harga di sini . 

Ini berarti fitur baru di bawah Smart Canvas akan tersedia gratis untuk Anda jika Anda adalah pelanggan paket Business Starter, Business Standard, Business Plus, dan Enterprise. Jadi, tidak, Anda tidak dapat mengakses fitur Smart Canvas baru menggunakan akun gmail reguler gratis Anda.

Anda akan dapat mengakses Smart Canvas hanya dengan $6 per bulan jika Anda memilih paket Business Starter. 

Fitur Smart Canvas: 12 hal yang dapat Anda lakukan dengannya

Saat Smart Canvas masuk ke Google Workspace, ini semua fitur yang akan tersedia untuk semua orang.

1. Chip Cerdas

Perubahan baru terbesar yang datang ke Workspace adalah fungsionalitas chip pintar baru di dalam Documents. Smart Chips akan memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan orang lain hanya dengan mengetik “@” dan memilih opsi pilihan Anda dari orang, file, dan rapat yang direkomendasikan. Dengan fungsi ini, pengguna dapat melewati kebutuhan untuk membuat rapat atau melihat pratinjau dokumen tertaut tanpa perlu membuka tab perubahan. 

Sementara “@” telah ada di Documents untuk menandai orang-orang di dalam dokumen, fitur baru akan memungkinkan Anda menautkan rapat dan dokumen. Dengan cara ini orang dapat langsung mengaitkan diskusi dengan rapat tertentu dan melihat pratinjau file yang ditautkan di dalam dokumen tanpa perlu membukanya di tab lain. 

2. Daftar periksa yang terhubung di Dokumen

Pengguna sekarang dapat menetapkan item tindakan daftar periksa di dalam Google Documents untuk merampingkan alur kerja dalam proyek dengan menetapkan daftar tugas untuk semua orang. Item yang dapat Anda gunakan akan bergantung pada penyiapan Google Tasks Anda saat ini dan fitur tersebut akan tersedia di web dan aplikasi seluler. 

3. Template Tabel

Dengan fitur baru ini, Google akan memungkinkan pengguna untuk membuat tabel menggunakan template tabel yang telah ditetapkan sebelumnya. Di antara template yang baru tersedia adalah – Tabel voting topik dan tabel Project-tracker. 

Tabel pemilihan topik akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan umpan balik dari orang lain dalam tim untuk topik yang sedang dibahas. 

Pelacak proyek akan membantu semua orang dalam tim melacak kemajuan proyek dan melihat pencapaian dan status kapan saja. 

4. Rekam catatan rapat di dalam dokumen

Fitur Dokumen baru lainnya adalah kemampuan untuk mengimpor informasi yang relevan ke Google Dokumen dari undangan rapat Kalender. Informasi ini juga dapat mencakup catatan rapat yang diambil dari chip pintar seperti peserta rapat dan file yang sedang dikerjakan. 

5. Dokumen Tanpa Halaman

Google telah memperkenalkan format tanpa halaman baru di Documents yang memungkinkan pengguna membuat dokumen dengan batas tidak terbatas sehingga dapat digunakan di perangkat apa pun. Ini memastikan Anda dapat mengerjakan Documents di layar apa pun seperti tablet, laptop, atau ponsel cerdas, dan mengedit gambar berukuran besar, tabel besar, dan dokumen mendalam dengan mudah. 

Dengan cara ini, Anda dapat berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain dan melalui dokumen Anda dengan cara yang membuat dokumen terlihat dengan cara terbaik untuk perangkat tersebut. Anda cukup menyeret batas jendela dokumen pada PC untuk mengerjakannya dalam format besar dan pindah ke bentuk potret saat menggunakan ponsel Anda tanpa mengikuti aturan satu ukuran untuk semua. 

6. Tampilan garis waktu di Spreadsheet

Beranjak dari Documents, ada cara baru untuk melihat konten di Google Spreadsheet agar dapat berinteraksi lebih baik dengan pekerjaan Anda dalam bentuk tampilan Timeline. Dengan tampilan Timeline, pengguna akan dapat melacak kemajuan semua proyek yang sedang berlangsung dan mengurutkannya berdasarkan kategori, kampanye, pemilik, atau atribut lainnya.

Tampilan baru memungkinkan pengguna untuk mengelola pencapaian, jadwal, dan kemitraan antar tim dengan cara yang lebih mudah. Tampilan garis waktu saat tersedia harus dapat diakses dari berbagai tab Spreadsheet di bagian bawah. 

7. Presentasikan dokumen langsung di Meet

Untuk mengintegrasikan aplikasi Workspace dengan alat kolaborasi Meet dengan lebih baik, Google menambahkan kemampuan untuk menyajikan konten secara langsung dari Dokumen, Spreadsheet, dan Slide ke dalam sesi Meet yang Anda ikuti. Dengan cara ini, Anda berkolaborasi dengan orang lain sekaligus berbagi tampilan dokumen dengan semua orang di tim Anda. 

Fitur ini dapat diakses hanya dengan mengklik opsi ‘Presentasikan ke rapat’ yang seharusnya tersedia di bagian atas dokumen Anda. 

8. Lakukan panggilan Meet dari Dokumen, Spreadsheet, dan Slide

Cara lain yang direncanakan Google untuk menggabungkan Meet dengan Workspace adalah dengan memungkinkan Anda menyelenggarakan panggilan video langsung dari layar dokumen tanpa perlu membuka Meet di jendela atau tab browser terpisah. Saat fitur ini dirilis pada musim gugur 2021, Anda dapat melakukan panggilan video atau bergabung dengan anggota tim yang berkolaborasi dengan Anda di Dokumen, Spreadsheet, atau Slide. 

Fitur saat diluncurkan akan membawa ikon Meet baru di bagian atas dokumen yang berdekatan dengan tombol Bagikan. 

9. Terjemahan langsung dari teks di Google Meet 

Google Meet sudah menawarkan teks otomatis selama rapat sehingga tetap dapat memahami apa yang sedang dibahas pada waktu tertentu, apa pun bahasa (saat ini mendukung bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Portugis, dan Spanyol) yang Anda gunakan. Dengan Smart Canvas, Google menghadirkan terjemahan langsung teks dari bahasa Inggris ke Spanyol, Portugis, Prancis, atau Jerman yang tersedia secara real-time. 

10. Reaksi emoji dokumen

Untuk mendorong pewarnaan berkelanjutan dan meminimalkan kebosanan, Google menghadirkan reaksi Emoji ke Google Documents. Dengan fitur ini, Anda dan orang lain dapat bereaksi terhadap ide seseorang atau diskusi yang sedang berlangsung dalam bentuk emoji.

11. Gunakan Spreadsheet dan Dokumen dari ruang Google Chat

Semua orang di tim Anda sekarang dapat langsung membuka Spreadsheet, Dokumen, dan Slide langsung dari diskusi di Google Chat di web tanpa membuka tab lain. Ini harus bekerja mirip dengan integrasi antara Workspace dan Google Meet dan memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan mulus antara platform yang berbeda dengan sedikit usaha.

 

12. Fitur penulisan dan analisis terbantu di Dokumen dan Spreadsheet

Google juga mengintegrasikan kecerdasannya yang canggih untuk memberi Anda fitur penulisan berbantuan di Dokumen dan fungsi analisis terbantu di Spreadsheet.

Dengan tulisan yang dibantu, Anda akan direkomendasikan saran yang tepat dan gaya saat mengerjakan sebuah dokumen. Sorotan dari fitur ini adalah memahami bahasa inklusif dan mendorong pengguna untuk menggunakan “chairperson” daripada “chairman” atau “mail carrier” daripada “mailman”. Penulisan yang dibantu juga akan membantu Anda menghindari bahasa yang menyinggung, dan ucapan pasif untuk membuat tulisan Anda lebih kuat dan berdampak. 

Dengan analisis terbantu, Spreadsheet memperoleh saran rumus yang mempelajari wawasan dari data yang telah Anda tambahkan dan menawarkan untuk mengisi sisa lembar dengan data yang relevan saat menangani angka. Anda dapat membuat rumus baru, membuat analisis lebih cepat, dan meminimalkan kesalahan saat menghitung tanpa perlu memeriksa dua kali. 

Fitur apa yang tersedia saat ini?

Mulai 19 Mei 2021, Google mengatakan bahwa semua fitur di bawah Smart Canvas akan diluncurkan untuk semua orang antara sekarang dan akhir tahun 2021. Jadi, hanya beberapa fitur Smart Canvas yang dapat langsung digunakan di dalam suite Workspace Google. Ini termasuk:

  • Chip Cerdas dalam Dokumen
  • Daftar periksa yang terhubung di Dokumen
  • Presentasikan dokumen (dari Dokumen, Spreadsheet, atau Slide) langsung di Meet
  • Gunakan Spreadsheet dan Dokumen dari ruang Google Chat

Itu saja yang kami bagikan kepada Anda tentang Google Smart Canvas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

// open new tab in cookie delay 3 second and expired 7 day
adplus-dvertising